Ini Trik Jokowi Atasi Banjir Akhir Tahun di Jakarta
Sumber: ciar-ciar.blogspot.com

Nasional / 28 September 2013

Kalangan Sendiri

Ini Trik Jokowi Atasi Banjir Akhir Tahun di Jakarta

Yenny Kartika Official Writer
3664

Untuk mengantisipasi curah hujan tinggi di Jakarta pada Desember 2013 dan Januari 2014, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah mempersiapkan trik untuk mencegah banjir.

Caranya adalah dengan mempercepat roses normalisasi sungai dan waduk agar bisa menampung air hujan lebih banyak. Jokowi menegaskan, proses normalisasi sejauh ini sudah menjangkau beberapa titik, termasuk Ciliwung.

“Tadi saya sudah bertemu BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, red.-), Pak Andi. Hujan hanya akan gede pada bulan Desember dan Januari. Tapi Oktober sudah mulai sedikit-sedikit. November juga sedikit-sedikit. Gedenya bulan Desember dan Januari. Di kali-kali, normalisasi sudah berjalan. Di Pesanggrahan, di Sunter, di Ciliwung sudah mulai semuanya tapi memang belum selesai,” ungkap Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (27/9), seperti dilansir Portal KBR.

Selain itu, beberapa waduk juga akan dinormalisasi. Waduk Pluit di Jakarta Utara dan Waduk Ria Rio di Jakarta Barat telah mulai ditata, dan selanjutnya yang akan ditangani adalah Waduk Tomang Barat di Jakarta Barat. Jokowi berkeyakinan, penataan waduk akan memperbanyak wadah penampungan air, sehingga titik-titik banjir dapat dikurangi. Sedikitnya 30 waduk telah direncanakan untuk ditata.

“Nanti satu persatu kita tata. Semua waduk itu akan dinormalisasi. Semuanya itu memang tidak pernah terpelihara dengan baik,” kata Jokowi, Kamis (26/9), di acara peresmian penghijauan di sisi selatan Waduk Ria Rio.

Kiranya dengan kerja keras pihak Jokowi, Jakarta di akhir tahun ini bebas dari “langganan” banjir akhir tahun. Tentunya usaha pemerintah ini perlu didukung penuh pula oleh masyarakat. Bukan tidak mungkin kalau Jakarta bebas dari banjir, bukan?

 

BACA JUGA:

Dikritik Senior, Jokowi Tetap Fokus

Jokowi Dapat Hadiah Kopiah Gus Dur

Meski Didemo, Jokowi Tak Akan Pindahkan Lurah Susan

Kisah Nyata Bruno Caporrimo: dari Mafia jadi Pengikut Yesus

Prinsip Kepercayaan dalam Dunia Online

Sumber : PORTAL KBR/KOMPAS/YK
Halaman :
1

Ikuti Kami